Presiden Jokowi Mendorong Keterlibatan Dunia Usaha dalam Pembangunan Ibu Kota Nusantara

0
67
Joko Widodo Presiden RI by https://setkab.go.id

Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur – Pada Sabtu, 23 September 2023, Presiden Joko Widodo, melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Hotel Vasanta di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi dengan tegas menegaskan bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga melibatkan dunia usaha.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyatakan, “Kita hanya ingin menyampaikan kepada dunia usaha bahwa pembangunan di Ibu Kota Nusantara ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi dunia usaha juga sudah masuk.” Pernyataan ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk menjalin kemitraan yang kuat antara sektor publik dan swasta dalam membangun Ibu Kota Nusantara yang baru.

Hotel Vasanta merupakan proyek groundbreaking kedua yang dilakukan di kawasan IKN dalam beberapa hari terakhir. Sebelumnya, Hotel Nusantara juga mengalami peristiwa serupa. Selain hotel, Presiden Jokowi juga telah melakukan groundbreaking untuk Pusat Pelatihan Nasional PSSI dan sebuah rumah sakit.

Presiden juga memaparkan rencananya untuk melanjutkan prosesi peletakan batu pertama setiap bulan untuk berbagai proyek di IKN. “Setiap bulan harus ada groundbreaking berikutnya, dan saya akan datang ke sini setiap bulan, dan jadwalnya memang sudah ada di Kepala Otorita (IKN),” kata Presiden.

Dengan peningkatan frekuensi prosesi peletakan batu pertama ini, Kepala Negara berharap dapat mempercepat pembangunan Ibu Kota Nusantara. Presiden juga berharap akan muncul lebih banyak fasilitas dan infrastruktur di IKN, termasuk hotel, rumah sakit, universitas, dan taman safari.

“Dalam waktu dekat, kami juga akan memulai pembangunan taman safari dan proyek lainnya di Ibu Kota Nusantara,” tambahnya.

Sebagai penutup, Presiden mengapresiasi para investor yang telah berkomitmen untuk menanamkan modalnya di IKN. Dia meyakini bahwa para investor telah melakukan perhitungan bisnis yang matang dalam berinvestasi dan menyatakan rasa terima kasihnya kepada mereka.

Baca Juga  Kebakaran Savana di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Terkendali, Polisi Tetapkan Tersangka

Pembangunan Ibu Kota Nusantara menjadi salah satu proyek besar di Indonesia yang menarik perhatian dunia, dengan keterlibatan aktif sektor swasta diharapkan akan mempercepat pencapaian visi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here