Tips Solo Travel Aman Untuk Pemula

0
63
Solo traveling by Langll

Solo traveling akhir-akhir ini menjadi trend liburan yang banyak menginspirasi Gen Z di seluruh dunia. Selain untuk keperluan mengisi konten media sosial di internet, untuk mereka yang sekedar bermaksud liburan, memilih solo traveling adalah pilihan mudah saat rutinitas liburan selalu berbenturan dengan kesibukan partner travel.

Dengan solo traveling, sobat travel bisa dengan bebas menentukan tujuan traveling ataupun dapat secara maksimal meng-explorasi destinasi tujuan. Melakukan perjalanan sendirian menuju suatu tempat baru pun bisa menjadi kesempatan menguji kemandirian sobat travel.

Kendati demikian, agar liburan sobat travel dapat menjadi kesempatan menemukan pengalaman berkesan secara maksimal, liburan solo traveling haruslah direncanakan dengan matang terlebih. Hal-hal seperti kemanan dan kenyamanan perjalanan sobat travel kedepan haruslah dipertimbangkan terlebih dahulu.

Untuk membantu membuat perencanaan tersebut, berikut tips terbaik sebelum sobat travel melaksanankan solo traveling.

Memastikan keungan anda cukup

Sobat travel tertarik bukan mengunjungi segala hal yang menarik dari tujuan liburan anda? Sebelumnya memastikan terlebih dahulu keuangan anda sedang sehat adalah tips pertama yang harus sobat travel pahami.

Karena akan melakukan perjalanan sendiri, memastikan keungan sedang sehat terlebih dahulu merupakan kewajiban anda. Kegiatan traveling sendiri sudah barang pasti menjadi rutinitas yang akan menguras isi dompet cukup banyak. Apalagi bagi mereka yang gemar berbelanja oleh-oleh.

Sobat travel, catatlah terlebih dahulu daftar pengeluaran apa saja yang akan diperlukan ketika sedang ber-solo traveling. Hal-hal mulai dari biaya kebutuhan perjalanan sampai ke lokasi tujuan, biaya keperluan makan, biaya anda menikmati fasilitas tujuan liburan serta akomodasi penginapan perlu anda perhitungkan totalnya.

Setelah selesai dengan kebutuhan pribadi anda, tidak lupa pastikan sobat travel menganggarkan biaya untuk kebutuhan mendadak. Meskipun kita selalu berharap terbaik saat perjalanan perjalanan berlangsung, tidak pernah ada yang tahu jika tiba-tiba kita menghadapi situasi penting mendadak, ataupun ketemu dengan barang menarik yang ingin anda beli.

Baca Juga  10 Tips Berenang Aman dan Nyaman di Laut: Panduan Utama

Kenali tujuan destinasi libur anda

Tips berikutnya, mengingat anda melakukan perjalanan sendiri, memastikan tujuan sobat travel aman dikunjungi adalah prioritas penting bagi sobat travel lakukan. Selain itu, sebelum menuju destinasi, mengumpulkan segala informasi tentang destinasi juga berguna bagi sobat travel untuk memastikan secara jelas gambaran destinasi.

Takutnya, ketika sudah jauh-jauh berkunjung, ternyata destinasi yang kita kunjungi tidak sesuai ekspektasi. Belum lagi ternyata destinasi yang anda kunjungi sedang ramai pengunjung, membuat sobat travel kesulitan menemukan akomodasi yang sesuai keinginan.

Benar, merencanakan melakukan perjalanan tempat baru menuntut sobat travel teliti dalam menggali informasi segala akomodasi destinasi. Entah memahami fasilitas yang ditawarkan oleh destinasi itu sendiri, tempat kuliner terbaik di sekitaran area destinasi, akomodasi penginapan sesuai kebutuhan, serta event terdekat yang akan digelar untuk membuat liburan semakin sempurna.

Bawa obat-obatan yang diperlukan

Kita tida tahu apa yang akan terjadi saat berada diperjalanan menuju destinasi yang ingin dikunjungi sobat travel. Sebagaimana seorang solo traveler, punya atau tidak riwayat sakit, memastikan obat-obatan ada dalam tas pastilah penting.

Membawa obat-obatan seperti obat flu, obat untuk sakit perut, obat masuk angin, obat penanganan luka dan obat khusus bagi pengidap sakit tertentu tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga. Lebih-lebih bagi mereka yang akan menuju destinasi yang jauh dari keramaian, ataupun bagi solo traveling ke luar negeri.

Pilih akomodasi terbaik

Tips selanjutnya untuk liburan solo traveling adalah memastikan anda menemukan akomodasi terbaik bagi liburan. Akomodasi spot kuliner untuk menemukan makanan terbaik, serta akomodasi penginapan yang bisa membuat anda betah untuk liburan.

Memang benar, pada dasarnya, dalam merencanakan liburan dengan solo travel, setiap traveler memiliki standar terbaik masing-masing dalam menentukan kenyamanan. Terbaik bukan tentang mahal, yang pasti memastikan anda mendapatkan akomodasi sesuai kebutuhan sangatlah penting.

Baca Juga  Tips Aman Berpergian ke Luar Negeri: Ini 6 Langkah Cermat yang Harus Diperhatikan

Saran terbaik untuk anda dalam memilih akomodasi dari destinasi tujuan adalah memastikan terlebih dahulu ialah uang sobat travel cukup. Lalu cari di katalog internet, rekomendasi pilihan terbaik untuk akomodasi anda saat liburan.

Pastikan kapan tanggal anda berangkat dan booking terlebih dahulu. Jangan sampai hanya karena mengikuti trend liburan, sobat travel mendapatkan masalah setelah liburan usai, atau malah keungan anda sendat ditengah perjanan liburan.

Pastikan dokumen penting anda aman ditempatnya

Saat liburan, dokumen-dokumen seperti KTP, SIM dan Paspor untuk mereka yang berpergian keluar negeri, tetaplah wajib untuk anda bawa saat solo traveling. Entah untuk mengenali identitas anda ataupun keperluan registrasi, dokumen-dokume penting tersebut tidak bisa anda tinggalkan begitu saja dirumah.

Tips saat liburan solo traveling, pastikan anda menempatkan dokumen-dokumen tersebut di tempat aman baik pada koper ataupun dompet anda. Cek setiap saat keberadaan dokumen. Pastikan agar tidak terselip dengan barang-barang lain, ataupun tidak tertinggal di tempat anda singgah.

Rencanakan rutinitas terbaik yang anda bisa lakukan saat liburan

Sebelum anda benar-benar berangkat menuju destinasi, tips terbaik untuk menikmati sensasi liburan secara utuh adalah dengan merencanakan rutinitas menyenangkan yang ditawarkan oleh destinasi.

Rencanakan rutinitas anda saat mengunjungi destinasi seperti diving, snorkeling, ataupun berselancar saat mengunjungi destinasi pantai, ataupun menikmati fasilitas camping, hiking dan flying fox saat anda liburan pada destinasi pegunungan.

Tentu akan sangat menarik apabila selain dapat berkunjung, fasilitas-fasilitas dari destinasi dapat anda nikmati. Pengalaman liburan tentu akan semakin berkesan dan sempurna untuk diceritakan ke orang-orang terdekat.

Bawa oleh-oleh saat pulang

Sisakan uang saku anda ketika waktu liburan mulai mendekati usai. Selain dokumentasi kenang-kenangan, membawa pulang buah tangan semakin meninggalkan kesan sempurna bagi liburan anda. Saran untuk anda, pastikan membeli oleh-oleh khas, entah kuliner ataupun kerajinan dari umkm lokal.

Baca Juga  Tips Kerja di Korea dan Jenis Pekerjaan yang Dibutuhkan

Selain untuk membantu perkembangan ekonomi setempat, membawa oleh-oleh tersebut akan membantu mengenalkan destinasi secara luas. Dimana pada akhirnya, kedepan anda membantu destinasi untuk semakin berkembang dalam mengangkat ekonomi masyarakat setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here