Tips Aman Berpergian ke Luar Negeri: Ini 6 Langkah Cermat yang Harus Diperhatikan

0
62
Traveling luar negeri by Dariusz Sankowski

Sebelum sobat travel memulai petualangan di negara asing, membuat perencanakan dengan matang menjadi kunci kesuksesan dari perjalanan. Berbagai risiko dan tantangan bisa saja datang menghadang liburan atau kegiatan bisnis anda di luar negeri. Tetapi dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, perjalanan Anda dapat berlangsung dengan lancar dan aman. Berikut adalah enam langkah penting yang perlu sobat travel pertimbangkan sebelum memulai perjalanan di luar negeri.

  1. Riset tujuan perjalanan anda dengan teliti lebih dulu

Sebelum berangkat, jangan lupa melakukan riset mendalam tentang kota atau negara tujuan anda. Ini akan sangat membantu anda untuk mengerti kondisi lingkungan dan kebudayaan yang akan anda temui. Ulasan rekomendasi wisatawan, blog perjalanan, dan konsultasi dengan penduduk lokal dapat memberikan wawasan sangat berharga sebulum anda berangkat.

  1. Jaga keperibadian dan hindari hal yang menarik perhatian

Keamanan adalah prioritas utama. Hindari memakai pakaian mencolok atau perhiasan berlebih yang bisa memancing perhatian orang dengan maksud jahat. Berpakaianlah sederhana dan bawa peralatan perlindungan diri jika itu diperlukan.

  1. Buat salinan dokumen penting

Pastikan Anda memiliki salinan dokumen perjalanan dan kartu kredit yang penting. Simpan dokumen asli terpisah dari salinan Anda. Ada baiknya juga menyimpan salinan di tempat terpercaya di rumah atau dengan teman.

  1. Tetap terhubung dengan keluarga dan teman dekat

Informasikan keluarga dan teman tentang rencana perjalanan Anda dan berikan informasi tentang lokasi Anda. Ini dapat membantu dalam situasi darurat dan memberikan rasa aman kepada mereka.

  1. Berhati-hati saat menggunakan Wi-Fi umum

Hindari mengandalkan Wi-Fi publik yang rentan terhadap serangan cyber. Jika anda perlu terhubung ke internet, gunakan jaringan pribadi virtual (VPN) untuk melindungi data pribadi anda dari pencurian data.

  1. Tingkatkan kewaspadaan anda di tempat menginap
Baca Juga  Mengembangkan UMKM Menuju Pasar Global: Tips Sukses

Walaupun hotel memiliki sistem keamanan, tingkatkan perlindungan diri anda dengan tidak lupa mengunci pintu dan jendela saat anda meninggalkan kamar. Jangan biarkan siapa pun, bahkan orang yang mengaku sebagai staff hotel, dapat masuk ke kamar anda tanpa izin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here