7 Langkah Perencanaan Kuliah di Luar Negeri

0
77
Kuliah di Luar Negeri by Vasily Koloda

Semakin banyak mahasiswa Indonesia yang memilih untuk melanjutkan pendidikan mereka di luar negeri. Menurut Institut Statistik UNESCO, tahun 2021 melihat 53.604 mahasiswa Indonesia mendaftar untuk studi di luar negeri, dan tren ini diprediksi akan terus meningkat.

Hal ini menjadikan Indonesia sebagai peringkat ke-22 di dunia untuk jumlah mahasiswa yang belajar di luar negeri pada tahun 2021. Tetapi apa alasan di balik fenomena ini, dan bagaimana langkah-langkah untuk merencanakan kuliah di luar negeri?

Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan komunitas internasional ini, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk merencanakan kuliah di luar negeri.

Pahami Alasan Mengapa Kuliah di Luar Negeri Penting

Menurut Presiden & CEO AFS Intercultural Programs, Daniel Obst, kuliah di luar negeri menjadi penting bagi mahasiswa yang ingin sukses dalam ekonomi global. Perusahaan-perusahaan mencari lulusan yang dapat beradaptasi dalam tim multinasional, berbicara dalam berbagai bahasa, dan memiliki pengalaman hidup di luar negeri. Selain itu, pengalaman hidup di negara asing juga mengasah fleksibilitas, kreativitas, dan kemampuan berpikir kompleks. Ada banyak alasan lain mengapa kuliah di luar negeri penting.

Ketahui Persiapan yang Diperlukan

Sebelum melanjutkan kuliah di luar negeri, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik. Mulailah belajar bahasa asing dan pelajari tata cara hidup di tempat yang berbeda dengan bahasa yang berbeda. Penting untuk memulai persiapan sesegera mungkin karena Anda akan membutuhkan waktu untuk mengurus pendaftaran, visa, dan persyaratan lainnya.

Cari Informasi

Mencari informasi tentang program kuliah, persyaratan pendaftaran, beasiswa, dan jurusan yang ingin Anda ambil sangat penting. Anda perlu memahami berbagai program kuliah yang tersedia, tingkat kesulitannya, dan durasinya. Selain itu, Anda harus memeriksa persyaratan masuk universitas dan alternatifnya jika Anda belum memenuhi persyaratan.

Baca Juga  10 Tips Berenang Aman dan Nyaman di Laut: Panduan Utama

Kenali Konsep Transfer Kredit Kuliah

Di beberapa negara, Anda bisa mulai kuliah di community college atau institusi setara sebelum pindah ke universitas utama. Ini memungkinkan Anda menghemat waktu dan biaya.

Persiapkan Biaya

Merencanakan keuangan untuk kuliah di luar negeri adalah langkah penting. Selain biaya kuliah, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya hidup di luar negeri. Beberapa negara menawarkan pekerjaan paruh waktu yang dapat membantu membiayai hidup Anda.

Pilih Asuransi Kesehatan

Beberapa negara mengharuskan mahasiswa internasional memiliki asuransi kesehatan. Pastikan Anda memahami persyaratan asuransi kesehatan di negara tujuan Anda dan cari penyedia yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengatasi Homesickness

Kuliah di luar negeri bisa membuat Anda merindukan keluarga dan rumah. Untuk mengatasi homesickness, manfaatkan teknologi untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman di Indonesia. Universitas di luar negeri juga biasanya memiliki layanan yang dapat membantu mahasiswa mengatasi perasaan homesickness.

Demikianlah langkah-langkah penting untuk merencanakan kuliah di luar negeri. Dengan persiapan yang matang, Anda dapat menghadapi tantangan ini dengan percaya diri dan sukses meraih pendidikan internasional yang berharga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here