Update Gempa Bumi Magnitudo 6.8 di Maroko: Lebih dari 2.000 Nyawa Melayang

0
85
Suasana Gempa di Maroko by Tommaso Bori

Maroko, 10 September 2023 – Gempa bumi dahsyat berkekuatan magnitudo 6.8 yang melanda Maroko pada Jumat malam telah menewaskan lebih dari 2.000 jiwa, menjadikannya bencana paling mematikan yang pernah terjadi di negara ini dalam beberapa dekade terakhir.

Menurut laporan dari stasiun televisi Maroko, Al Aoula, sekitar 1.404 orang lainnya masih berada dalam kondisi kritis akibat dampak gempa ini, dan tim penyelamat terus bekerja keras untuk memberikan bantuan medis yang diperlukan.

Gempa bumi tersebut terjadi sekitar pukul 23.11 waktu setempat (18.11 waktu setempat ET) dan mengguncang Maroko dengan kekuatan dahsyat. Episentrum gempa terletak di pegunungan High Atlas, sekitar 72 kilometer (45 mil) di sebelah barat daya Marrakech, sebuah kota wisata yang populer dengan populasi sekitar 840.000 orang.

Sejak tahun 2004, Maroko belum pernah mengalami bencana sebanding, ketika gempa bumi berkekuatan magnitudo 6.3 mengguncang kota pelabuhan Al Hoceima. Gempa tersebut pada waktu itu menyebabkan sekitar 630 orang tewas dan merusak secara luas.

Tidak dapat dilupakan bahwa gempa bumi terburuk dalam sejarah modern Maroko terjadi pada tahun 1960 di dekat kota barat Agadir yang menewaskan setidaknya 12.000 orang dan menyebabkan kerusakan yang sangat besar.

Pihak berwenang dan tim penyelamat di Maroko saat ini sedang berupaya keras untuk memberikan bantuan kepada korban, memulihkan kerusakan, dan memastikan keselamatan masyarakat.

Kami akan terus memberikan pembaruan sehubungan dengan perkembangan situasi ini. Semoga para korban segera mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan dalam menghadapi tragedi ini.

Baca Juga  Korban Gempa M 6,8 Maroko Tembus 820 Orang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here