Rangkaian Upacara 17 Agustus 2023: Panduan Peringatan HUT ke-78 RI

0
72
Persiapan gladi bersih upacara 17 agustus by Gabriel Judas

Jakarta, 17 Agustus 2023 – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) akan dirayakan dengan penuh semangat dan khidmat melalui berbagai upacara bendera di seluruh penjuru Tanah Air.

Dari Istana Negara hingga ke berbagai sekolah dan instansi di Indonesia, susunan upacara ini menjadi sorotan utama. Mengacu pada Pedoman Peringatan HUT RI yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut ini adalah panduan untuk memperingati HUT ke-78 RI.

Susunan Upacara 17 Agustus Menurut Pedoman Peringatan HUT RI Sekurang-kurangnya Terdiri Atas:

  1. Pemimpin Upacara Memasuki Lapangan Upacara Momentum dimulai dengan kedatangan pemimpin upacara ke lapangan upacara, memberi tanda bahwa peringatan HUT ke-78 RI telah dimulai.
  2. Pembina Upacara Tiba di Tempat Upacara Kehadiran pembina upacara yang memiliki peran sentral dalam peringatan ini.
  3. Penghormatan kepada Pembina Upacara Penghormatan kepada pembina upacara sebagai bentuk penghargaan atas perannya dalam memimpin peringatan.
  4. Laporan Pemimpin Upacara Pemimpin upacara melaporkan bahwa seluruh persiapan telah siap dan upacara siap dimulai.
  5. Pengibaran Bendera Merah Putih dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Mengibarkan bendera Merah Putih sambil ditemani oleh melodi lagu kebangsaan “Indonesia Raya,” dilakukan oleh korsik atau paduan suara.
  6. Mengheningkan Cipta Dipimpin oleh Pembina Upacara Saat yang diisi dengan hening, untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan.
  7. Pembacaan Naskah Pancasila diikuti oleh Seluruh Peserta Upacara Pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa tercermin dalam pembacaan naskah ini.
  8. Pembacaan Naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Menandakan dasar hukum dan struktur negara yang menjadi pijakan bagi Indonesia.
  9. Pembacaan Keputusan Presiden RI tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dan Pemberian Piagam Jika ada pemberian penghargaan, momen ini menunjukkan apresiasi terhadap individu atau kelompok yang telah memberikan kontribusi pada bangsa.
  10. Amanat Pembina Upacara Pesan dan arahan dari pembina upacara untuk memotivasi dan mengingatkan semua peserta akan pentingnya perjuangan dan kemerdekaan.
  11. Pembacaan Doa Doa sebagai ungkapan syukur dan harapan untuk Indonesia.
  12. Laporan Pemimpin Upacara Pemimpin upacara melaporkan bahwa rangkaian peringatan telah selesai.
  13. Penghormatan kepada Pembina Upacara Penutupan upacara dengan penghormatan terakhir kepada pembina upacara.
  14. Pembina Upacara Meninggalkan Mimbar Upacara Pembina upacara meninggalkan mimbar sebagai tanda bahwa upacara telah usai.
  15. Upacara Selesai, Barisan Dibubarkan Akhir upacara dengan barisan peserta yang dibubarkan.
Baca Juga  Pernikahan Adat Batak Toba: Memahami Ritual dan Kebesaran Budaya

Penting untuk dicatat bahwa sebelum pembacaan doa, petugas yang akan membacakan doa perlu menjelaskan bahwa doa yang akan diucapkan sesuai dengan agama Islam. Peserta upacara dari agama lain akan diberi kesempatan untuk berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Upacara 17 Agustus untuk memperingati HUT ke-78 RI akan dimulai pukul 07.00 waktu setempat. Panduan ini dapat digunakan sebagai acuan untuk menyelenggarakan upacara di berbagai tingkatan, dari sekolah hingga instansi pemerintah dan lingkungan masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here