Presiden Joko Widodo Ajak ASEAN dan PBB Tingkatkan Kerja Sama demi Kebaikan Dunia

0
60
Delegasi pemimpin dari negara peserta KTT ASEAN 2023 by Dwi Prasetya/Media Center KTT ASEAN

Jakarta, 7 September 2023 – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), mengajak Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memperkuat kerja sama guna meningkatkan kesejahteraan rakyat di seluruh dunia.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi saat memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-13 ASEAN-PBB di Jakarta Convention Center, Jakarta, pada Kamis (07/09/2023).

“Piagam ASEAN dan PBB sama-sama dimulai dengan ‘We, the peoples’, ini artinya rakyat harus terus jadi prioritas,” tegas Presiden.

Presiden Jokowi menekankan bahwa di tengah tantangan kompleks yang dihadapi oleh dunia, seperti perang, konflik, krisis pangan, krisis energi, krisis keuangan, dan bencana alam, rakyatlah yang paling merasakan dampaknya.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Presiden Jokowi menegaskan bahwa diperlukan tindakan bersama yang terkoordinasi, baik di tingkat global yang dijalankan oleh PBB maupun di tingkat kawasan Indo-Pasifik yang dijalankan oleh ASEAN.

“Namun, harus kita katakan dengan jujur efektivitas kerja ASEAN dan PBB sering kali terkendala oleh dinamika geopolitik yang pada akhirnya mengakibatkan lunturnya semangat kerja sama, berkurangnya semangat multilateralisme, dan digantikan dengan kekuasaan oleh yang kuat,” tambahnya.

Presiden juga mendorong agar ASEAN dan PBB terus mendorong penghormatan terhadap hukum internasional sebagai dasar interaksi antarnegara dan memprioritaskan paradigma kolaborasi yang inklusif.

“ASEAN dan PBB memiliki pilihan yang jelas untuk terus konsisten dalam menyuarakan penghormatan terhadap hukum internasional sebagai dasar interaksi antarnegara dan paradigma kolaborasi yang inklusif,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut yang dihadiri oleh Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, Presiden juga menekankan pentingnya pembangunan yang berkeadilan di seluruh dunia.

“Marilah bersama-sama kita memajukan agenda pembangunan yang lebih adil bagi negara-negara berkembang, termasuk hak mereka untuk maju dan sejahtera. Reformasi tata kelola global harus kita dorong agar tetap relevan dengan tujuan dan zaman yang ada,” pungkasnya.

Baca Juga  Peringatan Hari Orangutan Sedunia: Mengangkat Konservasi dan Perlindungan Orangutan

Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, serta Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here