Korban Gempa M 6,8 Maroko Tembus 820 Orang

0
63
Suasana Gempa di Maroko by Tommaso Bori

Marrakesh, Maroko – Maroko diguncang oleh gempa bumi dahsyat dengan magnitudo 6,8 pada Jumat malam, tanggal 8 September 2023, yang telah menelan korban jiwa sebanyak 632 orang. Gempa ini dianggap sebagai bencana alam paling mematikan yang pernah terjadi di Maroko dalam beberapa tahun terakhir.

Dilansir dari laporan CNN pada hari Sabtu, 9 September 2023, gempa mematikan ini terjadi pada malam Jumat sekitar pukul 23.11 waktu setempat (2211 GMT). Gempa bumi berkekuatan 6,8 skala Richter tersebut adalah yang terkuat dalam sejarah baru-baru ini di negara ini, menciptakan kepanikan dan kerusakan signifikan di sejumlah wilayah Maroko.

Korban tewas akibat gempa ini mencapai angka yang sangat tragis, dengan 632 orang yang kehilangan nyawa mereka. Selain itu, 51 orang dilaporkan berada dalam kondisi kritis, sementara 326 orang mengalami luka-luka serius akibat bencana ini.

Tim penyelamat di Maroko saat ini menghadapi berbagai kesulitan dalam upaya mereka untuk mencapai daerah yang paling terdampak oleh gempa. Salah satu tantangan utama adalah kerusakan berat pada infrastruktur jalan dan bangunan di sekitar lokasi gempa, yang mengakibatkan jalan-jalan tersumbat oleh reruntuhan bangunan dan material puing.

Menurut laporan dari AFP, episenter gempa berkekuatan 6,8 skala Richter ini terletak sekitar 72 kilometer (sekitar 45 mil) barat daya dari kota populer wisata Marrakesh. Getaran kuat dari gempa ini juga dirasakan di beberapa kota pesisir, termasuk Rabat, Casablanca, dan Essaouira.

Sementara otoritas setempat terus berupaya melakukan operasi penyelamatan dan memberikan bantuan kepada para korban, bantuan internasional juga diharapkan untuk membantu meringankan dampak bencana ini di Maroko. Dalam beberapa jam pertama setelah gempa, banyak warga setempat dan relawan bersatu untuk membantu mereka yang terluka atau terjebak dalam reruntuhan bangunan.

Baca Juga  Update Gempa Bumi Magnitudo 6.8 di Maroko: Lebih dari 2.000 Nyawa Melayang

Gempa bumi M 6,8 yang melanda Maroko ini merupakan pengingat kuat akan potensi risiko gempa bumi di wilayah ini, dan upaya pencegahan dan kesiapsiagaan harus terus ditingkatkan untuk melindungi nyawa dan harta benda penduduk.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here