Klaten Fashion Festival: Mempersembahkan Pesona Batik dan Lurik dalam Karya Eksklusif

0
75
Juara desain KFF 2023 by DISPAR KLATEN

Klaten, 6 Agustus 2023-Monumen Juang 45 Klaten menjadi saksi gemerlap pergelaran mode yang mengagumkan, saat lebih dari lima puluh perancang busana yang tergabung dalam Fashion Designer Klaten (Fadeska) memukau mata penonton pada ajang prestisius, Klaten Fashion Festival (KFF).

Dari Sabtu (5/8/2023) hingga Minggu (6/8/2023), panggung KFF menjadi wadah bagi bakat-bakat lokal yang mengangkat tema khas, yakni batik dan lurik, menjadi pusat perhatian.

Inisiatif acara ini berasal dari Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Klaten, yang menjadikan KFF sebagai panggung utama untuk mempromosikan ragam produk lokal, terutama batik dan lurik, sebagai landasan utama dalam perancangan busana yang anggun.

Kepala Disbudporapar Klaten, Sri Nugroho, dengan penuh semangat menyampaikan, “KFF merupakan bentuk konkret upaya pemerintah kabupaten dalam memajukan potensi lokal batik dan lurik. Klaten memiliki kekayaan khas daerah berupa kain lurik dan batik Bayat. Melalui KFF, para perancang busana berbakat asal Klaten bahu-membahu untuk menjadikan kekayaan lokal ini sebagai produk unggulan yang mampu bersaing, bukan hanya di tingkat nasional, namun juga internasional.”

KFF yang digelar pertama kali ini memiliki misi yang jelas, yaitu merangsang pertumbuhan ekonomi kreatif di Klaten, terutama bagi para perajin lurik dan batik. Harapannya, melalui panggung KFF, semakin banyak kreasi fesyen yang menggunakan bahan-bahan lokal berbentuk lurik dan batik mampu dikenal dan dinikmati oleh masyarakat luas.

“Sang pelaku industri fesyen perlu meningkatkan mutu serta kuantitas produknya, sekaligus mempromosikan keindahan lurik dan batik asli Klaten lewat rancangan-rancangan fesyen yang menakjubkan,” tegas Sri Nugroho saat menjelaskan visi yang diusung oleh KFF.

Perhelatan megah ini resmi dibuka oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani, yang dengan bangga menunjukkan dukungannya terhadap acara tersebut. Bupati Sri Mulyani tak sendiri, hadir juga jajaran Forkopimda yang mengenakan busana dengan sentuhan karya lurik dan batik dari perancang-perancang terbaik di Klaten.

Baca Juga  Pemprov DKI Jakarta Gelar Pameran Flora dan Fauna (Flona) 2023 di Lapangan Banteng Jakarta

“Saya amat menghargai KFF yang diselenggarakan malam ini. Semoga semakin banyak ajang seni dan mode semacam ini, yang secara langsung menggerakkan roda industri kreatif di Klaten, terutama dalam mengangkat derajat lurik dan batik agar semakin dihargai dan dikenal di mata dunia,” ujar Bupati Klaten, Sri Mulyani, dengan penuh antusiasme.

Tak dapat disangkal, Klaten Fashion Festival telah mengukir tinta emas dalam sejarah perjalan mode lokal. Dengan sentuhan magis batik dan kemilau khas lurik, KFF telah membuktikan bahwa pesona lokal mampu berbicara dengan bahasa internasional, menerangi panggung dunia dengan keindahannya yang tiada tara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here