Indonesia Menjadi Tuan Rumah Babak Penyisihan FIBA Basketball World Cup 2023

0
60
Franz Wagner slam by FIBA

Jakarta, 25 Agustus 2023 – Indonesia akan menjadi pusat perhatian dalam waktu dekat ini karena mulai tanggal 25 Agustus hingga 3 September 2023, negara ini akan menjadi tuan rumah pelaksanaan babak penyisihan putaran final Kejuaraan Dunia Bola Basket FIBA 2023, yang juga dikenal sebagai FIBA Basketball World Cup (FBWC) 2023.

Momen ini akan dirangkaikan dengan kehadiran Presiden RI, Joko Widodo, yang akan membuka serta menyaksikan pertandingan penyisihan pada hari pertama.

Selama periode tersebut, Indonesia akan menjadi panggung bagi babak penyisihan Kejuaraan Dunia Bola Basket FIBA 2023 dari tanggal 25 Agustus hingga 3 September. Turnamen ini akan berlangsung di Indonesia Arena, yang terletak di dalam komplek Stadion Gelora Bung Karno.

Upacara pembukaan acara ini akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), yang tidak hanya akan meresmikan jalannya turnamen tetapi juga akan turut hadir untuk menyaksikan pertandingan penyisihan pada hari pertama.

Acara pembukaan dijadwalkan akan dimulai pukul 19.15 WIB, diikuti oleh pertandingan seru antara Prancis dan Kanada. Sementara itu, pertandingan pertama akan menghadapkan Latvia dengan Lebanon pada pukul 16.30 WIB.

Dalam upaya menjaga kelancaran acara, panitia penyelenggara telah memberlakukan beberapa aturan bagi para penonton. Kendaraan pribadi tidak diizinkan masuk ke area Indonesia Arena. Hanya kendaraan yang dilengkapi dengan stiker khusus bertuliskan ‘FIBA’ yang diperbolehkan masuk, untuk memastikan kelancaran para penonton.

Tidak hanya itu, panitia juga telah mempersiapkan alternatif untuk parkir. Penonton umum akan diarahkan menuju Indonesia Arena melalui jalur yang telah disediakan, seperti melalui Gate 10 (berlawanan dengan TVRI/Senayan Park) dan Gate 11 (berlawanan dengan Hotel Mulia/GBK Arena).

Bagi pemegang tiket Skybox, akses dapat ditempuh melalui Lapangan Panahan GBK, berada di sebelah kanan dari Gate 10.

Baca Juga  Leona Lewis - Bleeding Love (Dj Dark & Adrian Funk Remix)

Bagi penonton yang ingin hadir di Indonesia Arena, tersedia layanan shuttle bus gratis yang beroperasi di sekitar area GBK selama FWBC 2023 berlangsung. Layanan ini secara khusus disediakan untuk pemegang tiket acara. Terdapat enam titik penjemputan untuk bus listrik ini, dengan rute yang dimulai dan berakhir di Halte Gelora (Gate 11).

Sebagai catatan penting, Indonesia bersama dengan Filipina dan Jepang telah dipilih sebagai tuan rumah bersama FIBA World Cup, menjadi momen sejarah pada Kongres FIBA pada tanggal 9 Desember 2017.

Edisi ke-19 dari kejuaraan dunia ini akan diikuti oleh 32 negara yang terbagi ke dalam delapan grup untuk babak penyisihan.

Ketiga negara tuan rumah, yaitu Indonesia, Jepang, dan Filipina, akan berkolaborasi dalam menggelar babak penyisihan dan babak 16 besar. Sementara itu, perempat final hingga final akan diadakan di Manila, ibu kota Filipina.

Tak ketinggalan, beberapa negara juga membawa pemain-pemain bintang NBA, kompetisi bola basket profesional terkemuka di dunia yang diadakan di Amerika Serikat. Keberadaan para bintang NBA ini selalu dinantikan oleh penggemar bola basket dunia, termasuk di Indonesia.

Sumber berita: Indonesia.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here