Indonesia Menjadi Destinasi Ketujuh Kamala Harris di Asia

0
64
Kamala Harris bertemu dengan Budi Gunadi by Muhammad Adimaja

Jakarta, 6 September 2023 – Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, memulai kunjungannya ke Indonesia pada Selasa (5/9/2023). Sebagai wanita pertama yang menduduki jabatan tersebut di negara adidaya, Kamala Harris mendarat di Jakarta untuk mengikuti pertemuan tingkat tinggi Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) dengan mitra strategis seperti Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Australia, dan Amerika Serikat.

Ini merupakan kunjungan ketujuh Kamala Harris ke benua Asia dan yang kelima kalinya ke kawasan Asia Tenggara dalam peranannya sebagai wakil dari Presiden Joe Biden. Kamala Harris tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Selasa (5/9/2023) sekitar pukul 22.00 WIB dan disambut oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin.

Sebelum tiba di Jakarta, Kamala Harris telah mengadakan kunjungan kenegaraan ke Singapura, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Ia juga sebelumnya telah mengunjungi Jepang dan Korea Selatan.

Awalnya, para pemimpin ASEAN berharap bahwa Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 dengan para mitra dialog dapat dihadiri oleh Presiden Joe Biden, seperti yang dilakukan oleh Presiden AS ke-46 tersebut saat menghadiri KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja pada tanggal 13 November 2022. Namun, keputusan awal Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden Biden akan langsung menuju New Delhi, India, untuk menghadiri KTT G-20 pada tanggal 9-10 September 2023.

John Kirby, Juru Bicara Keamanan Nasional Gedung Putih, menyatakan bahwa Washington tetap menjadikan kawasan Indo-Pasifik dan ASEAN sebagai mitra strategis yang penting dalam kunjungan Kamala Harris ke Jakarta. Kamala Harris sangat berfokus pada upaya menjaga hubungan yang harmonis antara Washington dan negara-negara di kawasan Indo-Pasifik. Hal ini terlihat dari banyaknya kunjungan Kamala Harris ke negara-negara Asia dibandingkan dengan kunjungannya ke benua lainnya.

Baca Juga  Dj Dark - Chill Vibes

Pihak Gedung Putih mengkonfirmasi bahwa Kamala Harris meninggalkan Washington pada Senin (4/9/2023) waktu setempat dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 22.00 WIB pada Selasa (5/9/2023). Ia akan berada di Jakarta selama dua hari untuk mengikuti KTT ASEAN dan pertemuan dengan negara-negara mitra strategis.

Kamala Harris dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan empat mata dengan sejumlah kepala negara dan pemimpin pemerintahan yang mengikuti KTT ASEAN ke-43 di Jakarta Convention Center pada tanggal 5-7 September 2023. Setelah itu, giliran Presiden Biden yang akan terbang ke New Delhi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here