Hubungan Kemitraan Indonesia-Vietnam Diharapkan Terjalin Strategis Menurut Ketua DPR RI Puan Maharani

0
83
Puan Maharani dan Vuong Dinh Hue dalam acara AIPA

Jakarta, 4 Agustus 2023 – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Puan Maharani, mengungkapkan harapannya agar hubungan kemitraan antara Indonesia dan Vietnam dapat berkembang secara strategis. Dia menekankan pentingnya hubungan ini, menyamai hubungan antara saudara kandung.

Puan mengatakan, “Dengan langkah ini, hubungan antara kedua negara akan menjadi hubungan strategis yang melibatkan berbagai bidang, tidak hanya terbatas pada aspek tertentu saja. Lebih dari itu, hubungan ini akan mewujudkan persaudaraan yang erat antara Indonesia dan Vietnam.” Pernyataan ini disampaikan oleh Puan pada Jumat (4/8/2023).

Komentarnya ini disampaikan setelah Puan mengadakan pertemuan bilateral dengan Ketua Majelis Nasional Vietnam, Vuong Dinh Hue. Pertemuan ini dilakukan dalam rangka penandatanganan nota kesepahaman untuk memperkuat kerja sama antar parlemen kedua negara.

Puan juga menyoroti bahwa hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam telah terjalin lama sejak masa lalu. Bahkan, hubungan ini sudah ada sejak zaman kepemimpinan Presiden Ho Chi Minh dan Presiden Soekarno.

“Dalam hal ini, kemitraan antara Indonesia dan Vietnam memiliki potensi untuk menjadi hubungan strategis karena dasar-dasar hubungan kedua negara telah terbentuk sejak lama. Awalnya, hubungan ini diawali dengan ikatan kuat antara Presiden Soekarno dan Presiden Ho Chi Minh,” jelasnya.

Selanjutnya, Puan berharap agar hubungan Indonesia-Vietnam tidak hanya melibatkan sektor ekonomi dan perdagangan, tetapi juga merambah ke sektor pendidikan dan pariwisata.

Puan menambahkan bahwa kunjungan Ketua Majelis Nasional Vietnam, Vuong Dinh Hue, juga merupakan bagian dari partisipasi dalam Sidang Umum Perhimpunan Parlemen ASEAN (AIPA) ke-44. Acara ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 5-10 Agustus 2023.

“Kita perlu mengingat bahwa Indonesia saat ini bertindak sebagai Ketua AIPA 2023. Oleh karena itu, kami berkeinginan untuk berpartisipasi dalam konferensi AIPA yang dijadwalkan dibuka oleh Presiden Jokowi pada tanggal 6 Agustus 2023,” tambah Puan.

Baca Juga  Presiden Jokowi Serahkan Kepemimpinan ASEAN kepada Laos dalam Upacara Penutupan KTT ke-43 ASEAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here