Mengintip Kelezatan Kuliner Terbaik dari Jawa Timur: Menyelami Ragam Cita Rasa yang Menggugah Selera

Jawa Timur, tempat yang dikenal dengan kekayaan budaya dan cita rasa yang memikat, telah menciptakan warisan kuliner yang tak tertandingi.

0
74
Bakso Malang JCOMP

Surabaya, 27 Agustus 2023 – Jawa Timur, tempat yang dikenal dengan kekayaan budaya dan cita rasa yang memikat, telah menciptakan warisan kuliner yang tak tertandingi. Dari hidangan gurih hingga yang manis, provinsi ini mengundang para penikmat makanan untuk menikmati kuliner terbaik yang menggugah selera. Berikut ini adalah daftar 10 kuliner terlezat dari Jawa Timur yang wajib dicicipi:

Soto by Rafly Alfaridzy

1. Soto Lamongan: Soto Lamongan adalah sajian berkuah ayam yang kaya rasa, disajikan dengan nasi putih, irisan daging ayam, dan telur rebus. Kuahnya yang kaya rasa dan rempah-rempah memberikan sensasi hangat yang sempurna pada setiap suapan.

Rawon by Aldrin Rachman

2. Rawon: Rawon, hidangan pekat berwarna hitam khas Jawa Timur, dihasilkan dari bumbu kluwak yang unik. Daging sapi empuk dan nasi putih menjadi pasangan sempurna untuk sajian ini. Dalam setiap suapan, Anda akan merasakan kelezatan yang tak terlupakan.

Bakso Malang JCOMP

3. Bakso Malang: Bakso Malang, bakso berukuran besar dengan kuah yang kaya rasa, adalah hidangan yang wajib dicicipi. Daging bakso yang lezat, mie kuning, dan pelengkap seperti pangsit dan tahu goreng menjadikan hidangan ini begitu istimewa.

Rujak by Agita Prasetyo

4. Rujak Cianjur: Rujak Cianjur adalah perpaduan manis, asam, pedas, dan gurih dalam satu piring. Potongan buah segar seperti mangga, nanas, dan timun berpadu dengan cingur (hidung sapi direbus) serta bumbu rujak yang menggoda selera.

5. Tahu Campur: Tahu Campur menghadirkan sensasi berbeda dalam setiap gigitan. Tahu goreng disajikan dengan lontong, bihun, tauge, dan tahu sumedang yang dihiasi dengan bumbu petis yang khas.

6. Pecel: Pecel adalah hidangan beraneka sayur seperti kangkung, kacang panjang, daun singkong, dan lainnya, disajikan dengan bumbu kacang yang khas. Ditambah dengan tempe goreng dan kerupuk, pecel adalah sajian yang lezat dan sehat.

Baca Juga  MEMBUAT NASI GORENG SPESIAL ALA GORDON RAMSEY

7. Bebek Madura: Bebek Madura adalah hidangan bebek panggang dengan kulit yang renyah dan daging yang empuk. Disajikan dengan nasi, sambal, dan lalapan segar, hidangan ini adalah pilihan yang tak bisa salah.

8. Gethuk Pisang: Gethuk Pisang adalah makanan penutup yang manis dan lezat. Terbuat dari pisang yang digeprek dan dicampur dengan ketan, gethuk pisang menjadi cemilan yang disukai banyak orang.

9. Gado-gado: Gado-gado adalah campuran beragam sayuran segar yang disajikan dengan bumbu kacang yang khas. Dilengkapi dengan telur rebus dan kerupuk, gado-gado adalah hidangan sehat dan nikmat.

10. Nasi Krawu: Nasi Krawu adalah hidangan nasi dengan berbagai lauk seperti daging sapi suwir, paru goreng, serta sambal khas. Rasa unik dan kombinasi bumbu membuat hidangan ini menjadi pilihan yang populer.

Dari hidangan gurih hingga manis, kuliner Jawa Timur memiliki daya tarik yang tak tertandingi. Setiap hidangan mencerminkan keragaman budaya dan kekayaan rasa Indonesia. Bagi pecinta kuliner, Jawa Timur adalah surga rasa yang menanti untuk dijelajahi. Jadi, mari nikmati perjalanan kuliner yang tak terlupakan di provinsi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here