Kuliner Legendaris di Jogja yang Harus Dicoba Saat Liburan

0
66
Suasana kaki lima Jogja by Farhan Abas

Yogyakarta, 22 September 2023 – Yogyakarta, kota pelajar yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya, memiliki beragam kuliner legendaris yang patut dicoba saat kamu berkunjung. Selain gudeg yang terkenal, ada sejumlah tempat makan yang harus masuk dalam daftar kunjungan kulinermu. Ingin tahu lebih lanjut? Berikut adalah daftar kuliner legendaris di Jogja yang wajib kamu nikmati:

1. Gudeg Pawon: Sensasi Makan di Dapur

Gudeg Pawon adalah tempat yang tepat untuk mencicipi gudeg Jogja secara otentik. Warung ini terkenal karena memasak gudeg dengan cara tradisional di dapur terbuka. Meskipun antrian bisa panjang, pengalaman ini sangat berharga.

  • Lokasi: Jl. Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Oseng Mercon Bu Narti: Uji Kemampuan Lidahmu!

Jika kamu menyukai makanan pedas, Oseng Mercon Bu Narti adalah tempat yang sempurna. Warung ini terkenal dengan hidangan pedasnya, terutama oseng-oseng mercon. Daging koyor yang diolah bersama cabe sangat pedas dan menguji batasan rasa kamu.

  • Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Angkringan Lek Man: Kopi Joss yang Unik

Angkringan Lek Man terkenal dengan minuman kopi uniknya yang disebut “Kopi Joss.” Warung ini juga menyajikan beragam hidangan seperti nasi kucing, sate telur puyuh, tempe dan tahu goreng, serta berbagai macam baceman.

  • Lokasi: Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Yogyakarta, Kota Yogyakarta

4. Wedang Ronde Mbah Paiyem: Hangatkan Jiwa dan Raga

Jika malam di Jogja terasa dingin, kamu bisa menghangatkan dirimu dengan Wedang Ronde Mbah Paiyem. Semangkuk ronde dengan kacang yang gurih, kuah jahe, manisan, serta rasa pedas dan hangat akan memberikan pengalaman istimewa.

  • Lokasi: Jl. Kauman, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Baca Juga  Mencoba Kreasi Seblak Ala Mamang Rafael

5. Rujak Es Krim Pak Paino: Es Krim dengan Sentuhan Tradisional

Untuk mengatasi panasnya Jogja, cobalah Rujak Es Krim Pak Paino di wilayah Pakualaman. Es krim ini sangat menyegarkan dan terjangkau. Perpaduan es krim dan potongan buah akan mengembalikan kesegaranmu.

  • Lokasi: Jl. Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Lumpia Samijaya: Camilan Ringan yang Mengenyangkan

Jika kamu berjalan-jalan di Malioboro, jangan lupa mencicipi Lumpia Samijaya. Camilan ini gurih dan mengenyangkan, dengan isian beragam seperti rebung, bengkuang, hingga telur puyuh.

  • Lokasi: Depan toko Samijaya, Jl. Malioboro No.18, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Entog Slenget Kang Tanir: Kombinasi Pedas dan Segar

Entog Slenget Kang Tanir cocok untuk menghilangkan rasa kantuk. Hidangan ini segar dan pedas, cocok untuk membangunkan mata dan menjaga semangatmu. Warung ini terkenal dengan tongsengnya yang disajikan menggunakan alat tradisional, memberikan rasa yang khas dan memuaskan.

  • Lokasi: Jl. Pakem – Turi, Pules Lor, Donokerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

8. Sate Klatak Pak Bari: Daging Kambing yang Menggugah Selera

Daging kambing yang tebal, dibakar hingga empuk, dan disajikan dengan kuah tongseng akan menghadirkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Sate Klatak Pak Bari adalah salah satu warung sate klatak yang populer di Jogja.

  • Lokasi: Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Wonokromo II, Wonokromo, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here