Kopi Terbaik Asal Indonesia

0
63
Biji kopi terbaik by Alexas Foto
Biji kopi terbaik by Alexas Foto

Meski bukan menjadi nomer pertama, Indonesia adalah salah satu dari 5 besar negara penghasil kopi terbaik. Sebagaimana sebuah negara tropis dengan tanah subur, Indonesia adalah surga bagi pertumbuhan tanaman kopi untuk menghasilkan biji kopi terbaik di dunia.

Dalam kehidupan sehari-hari, sulit memisahkan masyarakat Indonesia dengan kebiasaan meminum kopi, terlebih sebelum melakukan rutinitas sehari-hari. Tidak heran beragam biji-bijian berkualitas serta olahan kopi terbaik terus bermunculan memenuhi kebutuhan konsumsi kopi di Indonesia.

Menurut sejarah, biji kopi telah pertama kali diperkenalkan di Indonesia sejak jaman Kolonial Belanda pada tahun 1600an silam. Sejak saat itu sampai hingga sekarang, kopi terus bertransformasi menjadi kuliner terpenting dalam industri perdagangan, bahkan hingga skala internasional.

Berbicara soal biji kopi terbaik, beberapa sumber mencatat selain menjadi menu pilihan favorit orang Indonesia, beberapa jenis biji kopi asal Indonesia juga laris manis dilirik pasar dunia.

Terbaru, musisi rapper kenamaan dunia, Snoop Dogg, pada awal tahun 2023, berkolaborasi dengan pengusaha Indonesia bernama Michael Riady meluncurkan brand kopi bernama INDOxyz. Brand tersebut merupakan produk olahan minuman kopi modern menggunakan biji Kopi Gayo sebagai bahan pembuatan.

Selain masih banyak lagi biji kopi asal Indonesia yang dikenal luas hingga mancanegara. Untuk menambah wawasan dan ispirasi bagi sobat travel berikut beragam biji kopi asal Indonesia yang laris manis di-expor hingga mancanegara.

Kopi Gayo

Petama, kopi terbaik asal Indonesia yang berhasil mendunia ialah kopi asal Provinsi Aceh yaitu Kopi Gayo. Melalui karakter rasa asam rendah dan cita rasa gurih tepat membuat kopi menjadi pilihan tepat untuk bahan membuat kopi modern. Kopi Gayo sendiri merupakan tanaman kopi berjenis Arabica yang di tanam pada ketinggian 1000 mdpl lebih di kawasan perbukitan Kabupaten Aceh Tengah. Bukanl sekedar isapan jari, lantaran biji kopi sangatlah berkualitas, kebutuhan expor Kopi Gayo di dunia internasional setiap tahun mengalami pertumbuhan.

Baca Juga  Destinasi Wisata di Indonesia: Dari Layar Kaca ke Keindahan Nyata yang Mengagumkan

Kopi Luak

Sempat menjadi biji kopi termahal di dunia, sebelum dipatahkan oleh kopi asal Thailand, Kopi Luak menjadi salah satu biji kopi terbaik di Indonesia. Kopi dikenal luas bukan sekedar lantaran dibuat melalui ekstrasi kotoran musang yang diberi makanan biji kopi, tapi juga karena aroma dan cita rasa kopi menyerupai susu. Lantaran  produksinya sangat terbatas, Kopi Luak dihargai sangat mahal di dunia internasional hingga menyentuh jutaan rupiah per satuan berat pon. Produksi kopi luak sendiri banyak ditemui di kawasan Sumatra dan Jawa.

Kopi Toraja

Bicara soal cita rasa kopi yang memiliki karakter yang kuat, tidak ada yang bisa mengalahkan kenikmatan kopi asal Tanah Toraja, Kopi Toraja. Kita harus melakukan perjalanan menuju Kecamatan Sesean, Toraja, Sulawesi Selatan untuk menemukan tempat produksi kopi. Menikmati Kopi Toraja akan membuat anda menikmati sensasi kopi beraroma rempah-rempah halus dengan kadar gurih pas. Aroma rempah tersebut disinyalir berasal dari kebun rempah yang ditanam tidak jauh dari tanaman kopi berasal. Tidak hanya bagi warga lokal, kualitas Kopi Toraja juga diakui dunia internasional menjadi salah satu biji kopi termahal asal Indonesia.

Kopi Kintamani

Selain terkenal dengan destinasi wisatanya, bagi industri kopi dunia, Bali juga dikenal berkontribusi menghasilkan produksi biji kopi tradisional terbaik di Indonesia melalui Kopi Kintamani. Kopi berjenis Arabika ditanam pada kawasan sekitaran Gunung Batur di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Kopi Kitamani menawarkan sensasi kopi gurih dengan karakter rasa hint chocolate, brown sugar dan karamel yang khas. Tidak heran memalui cita rasanya, kopi menjadi pilihan favorit untuk sobat travel coba saat berkunjung ke Pulau Dewata.

Kopi Flores

Baca Juga  MEMBUAT NASI GORENG SPESIAL ALA GORDON RAMSEY

Tidak lengkap tidak memasukkan Kopi Flores dalam daftar kopi terbaik dari negara Indonesia. Kopi asal Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur, dikenal dengan cita rasa pahit dengan sentuhan aroma rasa caramel, bunga, kacang-kacangan hazelnut dan tembakau khas. Sedikit berbeda dengan produk kopi unggulan lain yang kebanyakan berasal condong kopi berjenis Arabika, Kopi Flores berjenis kopi Arabika dan Robusta. Tidak berhenti di sana, Kopi Flores juga memiliki perbedaan iklim dengan penanaman kopi unggul lain, sehingga mempengaruhi karakteristik rasa sehingga kopi layak untuk anda coba.

Kopi Liberika Rangsang Meranti

Kopi terbaik berikutnya harus anda adalah Kopi Liberika Rangsang Meranti dari Pulau Meranti, Provinsi Riau. Biji Kopi yang disinyalir berasal dari Negara Liberia, Afrika, merupakan salah satu jenis kopi yang laris manis popular di negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Kopi Liberika Rangsang Meranti dikenal sebagai biji kopi dengan kadar caffeine rendah yang ditanam di tanah gambut. Cita rasa yang ditawarkan adalah perpaduan unik aroma nangka serta coklat. Tidak hanya isapan jari, bahkan cita rasa Kopi Liberika Rangsang Meranti diakui dengan sertifikasi khusus.

Kopi Arabika Java Ijen Raung

Terakhir kopi terbaik asal Indonesia yang mulai dikenal oleh dunia luas ialah kopi Kopi Arabika Java Ijen Raung. Biji kopi berjenis Arabika ditanam oleh petani kopi di Jawa Timur, tepatnya dari Bondowoso. Berbeda dengan jenis kopi lain, Kopi Arabika Java Ijen Raung, menawarkan citarasa kopi sedikit asam pedas gurih khas. Aroma yang ditawarkan oleh kopi pun berupa aroma jahe. Meskipun baru di mulai kira-kira pada tahun 2011 lalu, kini pasar internasional Kopi Arabika Java Ijen Raung terus tumbuh menjadi kopi khas terbaik asal Indonesia.

Baca Juga  Upacara Adat Rambu Solo' di Toraja Utara, Sebuah Ritual Pemakaman yang Penuh Makna ¬†

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here