Google search engine
HomeDestinasiREKOMENDASI WISATA TERBAIK INDONESIA YANG HARUS ANDA KUNJUNGI SEKALI SEUMUR HIDUP

REKOMENDASI WISATA TERBAIK INDONESIA YANG HARUS ANDA KUNJUNGI SEKALI SEUMUR HIDUP

Sobat travel, liburan adalah saat-saat terbaik untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan orang terdekat di sela-sela kesibukan. Merencanakan kemana tujuan anda akan menghabiskan waktu berkualitas tersebut tentu akan lebih baik agar nantinya anda tidak kecewa.

Anda bisa menghabiskan waktu liburan kemana saja yang anda mau, entah itu di dalam atau di luar negeri. Tapi apakah sobat travel yakin sudah mengunjungi destinasi liburan terbaik di Indonesia?

Sebagaiamana negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia adalah rumah bagi keberagaman kekayaan alam dan tradisi. Tidak hanya menarik untuk dikunjungi traveler lokal saja, tapi tentunya juga bagi para turis mancanegara.

Mengingat beragam destinasi wisata di Indonesia saat ini terus berkembang agar para traveler merasa nyaman saat berkunjung.

Selain pagelaran event bernuansa tradisional saat ini semakin sering digelar di sekitaran area destinasi wisata, akomondasi dan keamanan kawasan destinasi wisata saat ini juga terus ditingkatkan.

Pertanyaanya, kira-kira dari sekian banyaknya destinasi wisata yang ada di Indonesia, sobat travel sudah berkunjung kemana saja berlibur?

Jangan sampai terlewat dari daftar kunjung liburan anda berikutnya, berikut destinasi wisata terbaik di Indonesia yang saya rekomendasikan wajib anda kunjungi, minimal sekali seumur hidup saat liburan.

Pura Ulun Danu by Nikita Buida

PULAU BALI

Kencangkan sabuk anda, pertama-tama saya akan mengajak sobat travel terlebih dahulu menyinggahi Pulau Seribu Pura, Pulau Bali.

Sedari dahulu ataupun sekarang, Pulau seluas 5,780 Km tetaplah menjadi tujuan terbaik pertama menghabiskan waktu liburan sobat travel. Landscape pantai-pantai berpasir putih eksotis selalu menjanjikan sihir alam yang membuat liburan siapapun tercengang.

Sebut saja pantai Pantai Kuta, Pantai Ubud, Pantai Nusa Peninda dan lain-lainya selalu tidak pernah sepi dari kehadiran traveler dari berbagai mancanegara. Apa lagi alasanya kalau bukan untuk menikmati keindahan kawasan Hawaii-nya Indonesia.

Bosan panorama dan keramaian pantai? Mengunjungi destinasi desa wisata setempat juga menawarkan pengalaman lebih dekat berinteraksi dengan tradisi masyarakat.

Anda bisa berkunjung menuju Desa Wisata Penglipuran, Desa Wisata Ubud, Pura Ulun Danu dan Persawahan Jatiluwih di Kabupaten Tabanan juga dapat menjadi alternatif healing yang lebih tenang anda di Bali.

Biota Wakatobi by Benjamin L Jones

TAMAN NASIONAL WAKATOBI

Rute perjalanan kita selanjutnya adalah menuju Provinsi Sulawesi Tenggara. Lebih tepatnya Kabupaten Wakatobi untuk menuju salah satu taman nasional terbaik di Indonesia, Taman Nasional Wakatobi.

Taman nasional seluas 473,6 kmĀ² pernah diakui UNESCO sebagai Cagar Biosfer pada tahun 14 Mei 2013 lalu. Bukan tanpa alasan, sebagai salah satu destinasi liburan terbaik bagi pecinta kegiatan snorkeling, Wakatobi adalah rumah bagi ribuan biota laut dan beragam jenis karang.

Baca Juga  Wae Rebo: Keindahan Alam dan Budaya yang Mengagumkan di Nusa Tenggara Timur

Mulai dari Pantai Onemohute, Pantai Sombu di Pulau Wangi-Wangi, dan Pulau Tomia, Pulau Binongko sampai Pulau Hoga di Kaledupa semua menjanjikan landscape dasar laut yang epic.

Tercatat, Taman Nasional Wakatobi menjadi rumah bagi 750 dari 850 spesies karang yang ada di dunia. Dengan tentunya dihuni oleh ribuan jenis satwa laut yang cantik saat kita ajak berinteraksi ketika sedang snorkeling.

Komodo dari Pulau Komodo by Joshua J Cotten

TAMAN NASIONAL KOMODO

Selanjutnya, perjalanan kita akan menuju rumah dari satwa edemik yang sempat menjadi bagian tujuh keajaiban dunia, Taman Nasional Komodo.

Pulau komodo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebuah kawasan dengan landscape berupa gugusan kepulauan Indah seluas 390 km.

Komodo sendiri merupakan kadal karnivora terbesar didunia yang dapat tumbuh sepanjang 3 meter, dengan bobot sampai mencapai 150 kg. Dengan ukuranya tersebut, komodo dapat memangsa satwa seperti babi, kambing, rusa dan lain-lain dengan bekal senjata racun dari liurnya.

Pada tahun 2012 lalu, Komodo diakui UNESCO masuk kedalam 7 keajaiban dunia. Sampai saat ini, Taman Nasional Komodo tercatat menjadi cagar alam dunia yang kelestarianya dijaga ketat oleh pemerintah.

Jadi saran saya untuk sobat travel, selain komodo merupakan satwa liar berbahaya, sebagai pengunjung anda juga harus mematuhi aturan agar tidak terlibat upaya tindak pengerusakan cagar alam.

Keindahan Raja Ampat by Sutirta Budiman

PULAU RAJA AMPAT

Timur Indonesia masih akan menjadi rute perlajanan liburan kita selanjutnya. Kali ini kita akan menyinggahi kawasan paling barat dari Provinsi Papua Barat, lebih tepatnya Kabupaten Raja Ampat.

Kabupaten Raja Ampat memiliki luas sekitar 71.605 km. Terdiri dari 4 pulau utama yaitu Pulau Waigeo, Salawati, Misool dan Batanta, beserta keberadaan 1.847 pulau-pulau kecil yang eksotis.

Selain dikenal menawarkan landscape cantik gugusan pulau menghijau, Pulau Raja Ampat juga menjadi surga bagi traveler dengan hobi berkegiatan snorkeling untuk menghabiskan waktu libur.

Bayangkan saja, Kepulauan Raja Ampat adalah rumah bagi sekitar 75% spesies karang dunia. Dengan sekitar 1.318 jenis biota laut tinggal di laut, dengan yang paling terkenal adalah kehadiran bayi-bayi hiu Black Tip Shark sebagai landmark destinasi.

Beberapa spot terbaik untuk menyelam di Raja Ampat antaranya adalah Batu Lima yang cocok untuk perenang pemula, Cross Wreck untuk melihat situs peninggalan perang duni, Pulau Misool yang paling banyak dihuni biota laut hias dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Menyingkap Keajaiban Alami Keindahan Danau Toba
Suasana sore di Candi Borobudur by Alain Bonnardeaux

CANDI BOROBUDUR

Pasang lagi sabuk anda, penerbangan kita selanjutnya adalah jauh ke barat menuju destinasi Candi Borobudur yang megah di Provinsi Jawa Tengah, lebih tepatnya berada di Kabupaten Magelang.

Candi Borobudor adalah komplek peribadatan bagi penganut ajaran Agama Buddha terbesar di dunia. Destinasi diperkirakan dibangun pada abad ke-8, atau sekitar tahun 750 masehi, lebih tepatnya pada masa dinasti Syailendra berkuasa.

Bangunan megah bersejarah ini memiliki tinggi sekitar 35 meter dengan luas bangunan sebesar 2.500 meter. Candi Borobudur memiliki ornament panel relif sebanyak 2.672 panel dengan patung buddha sebanyak 504 buah

Tidak hanya menjadi tujuan favorit traveler lokal, destinasi Candi Borobudor hingga hari ini masih menjadi salah satu tujuan utama liburan turis mancanegara. Tidak hanya sebagai wisata sejarah saja, tapi juga salah satu spot foto kelas dunia untuk sobat travel.

Eksotisme Gunung Bromo by Lorencius Stefanus

GUNUNG BROMO

Setelah wisata sejarah, perjalanan kita akan kembali menuju timur tapi tidak jauh di Provinsi Jawa Timur, tepatnya masuk kedalam lingkup empat wilayah yakni Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Pasuruan, dan Kabupaten Malang. Yap, tidak lain tidak bukan kita akan menuju gunung berapi aktif yaitu Gunung Bromo.

Gunung berapi setinggi 2,329 meter adalah salah satu dari sekian destinasi terpopuler di Pulau Jawa. Baik bagi turis lokal ataupun dari mancanegara, menghabiskan waktu menikmati landscape hamparan pasir eksotis dengan view utama gunung cantik adalah pengalaman terbaik.

Bukan hanya sekedar menjadi tempat wisata, destinasi yang termasuk bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga memiliki agenda tradisi tahunan yang digelar masyarakat setempat.

Salah satunya adalah ritual yang digelar oleh masyarakat Suku Tengger, masyarakat yang tinggal di lereng Gunung Bromo, setiap tahun yaitu ritual Yadnya Kasada.

Ada banyak rutinitas yang bisa dilakukan oleh traveler saat berkunjung ke Gunung Bromo. Berburu foto instralgramable, berkuda mengelilingi kawasan gunung, ataupun berkendara kendaraan jip untuk membuat liburan berkesan. Keren deh pokoknya!

Fenomena Blue fire Kawah Ijen by Zongnan Bao

GUNUNG IJEN

Tidak jauh dari sana, kita akan berkendara lagi menuju salah satu destinasi gunung top kelas dunia lain tepat di perbatasan dua daerah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Gunung Ijen! Betul. Gunung setinggi 2.386 mdpl adalah salah satu destinasi spesial karena keberadaan lava blue fire-nya yang hanya ada di dua tempat didunia. Indah, begitulah apa yang akan anda katakan saat menyaksikan langsung fenomena kawah gunung berdiameter 1 km.

Baca Juga  Desa Ketapanrame di Mojokerto Raih Gelar Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

Persiapkan peralatan pendakian anda, untuk dapat menyaksikan fenomena alam blue fire tersebut, anda setidaknya harus menginap semalam di Gunung Ijen. Fenomena tersebut biasanya berlangsung hanya saat larut malam.

Tidak hanya instalgramable menjadi spot bersua foto, destinasi Gunung Ijen juga menawarkan pengalaman menarik menyaksikan langsung rutinitas warga setempat menambang blerang dengan alat seadanya. Benar, seadanya! Menarik bukan?

Danau Toba by Dio Hasibuan

DANAU TOBA

Kita kemudian akan terbang menuju ke Pulau Sumatra, lebih tepatnya menuju Provinsi Sumatera Utara, di Kabupaten Simalungun. Kita akan berkunjung menuju destinasi danau kaldera terbesar di dunia, Danau Toba.

Tidak hanya menjadi tujuan wisatawan lokal untuk liburan, destinasi Danau Toba juga menjadi tujuan utama turis mancanegara untuk menghabiskan waktu liburan di tanah Sumatra.

Landscape pemandangan danau berdiameter 30 km berbaur epik dengan kawasan bukit-bukitan disekitar area danau. Dimana yang paling terkenal adalah Holbung.

Sebagai salah satu danau dengan ukuran besar, destinasi Danau Toba memiliki beberapa keunikan yang diantaranya danau memiliki kepulauan vulkanik ditengah-tengah danau, Pulau Samosir.

Selain menjadi spot istimewa mengambil foto instalgramable untuk oleh-oleh terbaik saat liburan, menikmati acara-acara tradisional yang setiap saat digelar disekitaran danau adalah kegiatan menyenangkan.

Orangutan dari Taman Nasional Tanjung Puting by Van Zonneveld

TAMAN NASIONAL TANJUNG PUTING

Destinasi ini akan menjadi penutup sempurna bagi liburan anda, kita akan menuju Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di Kecamatan Kumai, Kabupaten Waringin Barat, untuk menembus hutan menikmati keindahan alam Taman Nasional Tanjung Puting.

Ada apa dengan Taman Nasional Tanjung Puting? Kita akan melihat salah satu primata terbesar dan terpintar didunia yang hanya ada di Indonesia, Orangutan. Benar, Taman Nasional Tanjung Puting seluas 3.550 km merupakan rumah bagi ribuan spesies Orangutan.

Mengunjungi taman nasional adalah kesempatan untuk berinteraksi langsung di alam dengan habitat Orangutan. Selain itu, destinasi juga menawarkan keindahan alam yang menawan, dengan salah satu kegiatan menarik yang ditawarkan adalah menikmati sensasi bermalam di sungai dengan perahu warga.

Menarik bukan sobat travel? Begitulah gambaran menikmati liburan di destinasi terbaik di Indonesia. Banyak hal yang akan sobat travel temukan saat merencanakan liburan dengan baik menyusuri keindahan Indonesia.

 

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments