Menyingkap Keajaiban Alami Keindahan Danau Toba

0
65
View Danau Toba yang diambil dari ketinggian Irfannur Diah

Anda akan berkunjung pada salah satu situs terbaik di dunia, bukan Mesir dengan Sungai Nil dan Terusan Suez-nya yang telah dahulu mendunia, tapi menuju Pulau Sumatra untuk mengunjungi Danau Toba yang perlahan pasti mulai dilirik oleh mancanegara.

Danau Toba merupakan salah satu maha karya alam memukau yang letaknya termasuk kedalam kawasan Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Para ilmuwan meyakini bahwa Danau Toba terbentuk dari letusan dahsyat Gunung Toba sekitar 74.000 tahun lalu.

Dengan luas mencapai 1.145 kilometer persegi serta kedalaman 450 meter, menyaksikan keindahan danau membuat sobat travel serupa menikmati pemandangan hamparan samudra biru yang luas.

Benar! Sobat Travel, dengan keunikanya tersebut Danau Toba dinobatkan menjadi danau vulkanik terbesar di dunia. Tidak berhenti di sana, masih ada banyak hal menarik yang bisa anda temukan pada Danau Toba.

Tentukan jadwal waktu liburan serta uang saku biaya perjalanan anda. Berikut hal yang akan membuat sobat travel terkesan dengan salah satu destinasi liburan prioritas Indonesia tersebut.

Danau Toba yang eksotis Marcel Ardivan

Pemandangan alam mengesankan

Mengunjungi Danau Toba adalah kesempatan terbaik untuk menikmati momen bersantai saat liburan. Lantaran letaknya berada di kawasan pegunungan, 900 meter dari permukaan laut, membuat kawasan danau memiliki suhu udara sejuk menyegarkan dengan view alam hijau sempurna untuk healing.

Benar, sobat travel, Danau Toba tidak hanya sebatas menawarkan panorama alam air memukau, tetapi juga keindahan alam sekitar yang menawan. Tidak heran bagi para pecinta alam ataupun fotografi, Danau Toba merupakan surga hunting gambarĀ  panorama alam terbaik untuk diabadikan dalam bingkai foto.

Pulau Samosir permata menawan Danau Toba by Daniel Morrism

Permata Bernama Pulau Samosir

Salah satu hal unik lain yang bisa ditemukan dari Danau Toba adalah keberaadan Pulau Samosir. Mengendarai speedboat dari pelabuhan untuk menyinggahi pulau seluas 640km adalah kesempatan terbaik menikmati pesona danau toba.

Ada banyak hal mengesankan dari pulau yang dihuni oleh mayoritas Suku Batak Toba tersebut. Mulai dari destinasi bersantai menarik, situs bersejarah, spot wisata kuliner terbaik, sampai event kebudayaan sering digelar di pulau.

Salah satu spot menarik tidak boleh dilewatkan dari Pulau Samosir adalah singgah ke Bukit Holbung. Bukit Holbung adalah kawasan perbukitan yang menawarkan pemandangan indah perkebunan teh dan kota-kota kecil di kejauhan.

Baca Juga  TAMAN NASIONAL TANJUNG PUTING, DESTINASI WISATA MENGGODA

Jangan lupa dengan pesona Air Terjun Efrata, air terjun setinggi 20 meter yang tidak kalah menawarkan pesona magis indahnya Pulau Samosir. Destinasi merupakan salah satu yang paling popular dikunjungi oleh wisatawan lantaran lokasinya mudah diakses.

Sobat travel, Bukit Holbung dan Air Terjun Efrata adalah spot-spot bersua foto fotogenik wajib dikunjungi saat menyinggahi Samosir, selain tentunya menikmati keindahan Danau Toba itu sendiri.

Rumah adat rumah adat orang Suku Batak Samosir by Daniel Morrism

Spot destinasi bernafas religi juga menjadi tujuan menarik untuk dikunjungi di Pulau Samosir. Anda bisa mengunjungi Bukit Sibea-bea untuk menyaksikan Patung Yesus Kristus setinggi 61 meter yang megah. Patung lebih tinggi dari bangunan serupa yaitu Patung Penebusan Dosa di Rio De Janeiro, Brazil, yang telah terlebih dahulu namanya tersohor.

Untuk anda yang tertarik mengenal lebih jauh sejarah pulau, anda bisa mengunjungi Museum Batak dan Museum Hutabolon yang menyimpan banyak artefak, koleksi barang kesenian dan informasi kebudayaan suku batak.

Sobat travel juga bisa menyinggahi Batu Hontom dan Batu Kursi Raja Siallagan, yang merupakan monumen-monumen penting yang menjadi saksi perkembangan sejarah Suku Batak Pulau Samosir di Danau Toba. Tentunya agar rasa penasaran sobat travel tentang tradisi setempat terbayar.

Bagi pecinta kuliner, menyinggahi pulau ketika berkunjung ke Danau Toba merupakan kesempatan emas menikmati beragam kuliner khas Suku Batak Toba. Menu seperti Saksang, Babi Panggang, Arsik serta berbagai hidangan laut disajikan oleh masyarakat setempat dengan cita rasa autentik.

Selain kuliner, Pulau Samosir juga surga belanja untuk wisatawan. Oleh-oleh khas seperti kerajinan tangan, ukiran kayu, tekstil, hingga pernak-pernik unik lain dijual dengan harga menarik. Jangan lupa menyisipkan uang lebih untuk Kain Ulos. Kain ulos merupakan kain tradisional Suku Batak ditenun dengan motif dan warna indah khas.

Hal lain yang tidak kalah menarik, Pulau Samosir sering menjadi tuan rumah event-event budaya meriah hingga tingkat internasional. Mulai pertunjukan tari tradisional, festival musik serta upacara adat sering diadakan. Pastikan sobat travel memilih tanggal tepat untuk berkunjung agar dapat menikmati event-event tersebut.

Baca Juga  KEINDAHAN DANAU TOBA YANG TAK TERGANTIKAN

Cerita Masyarakat Setempat

Tidak hanya dari keindahanya saja, magis Danau Toba juga tercermin melalui cerita urban legend masyarakat lokal. Sebuah cerita turun-temurun menjadi bagian tidak terpisahkan dari keyakinan masyarakat Batak setempat.

Menurut legenda, cerita mengisahkan pemuda bernama Toba seorang petani dan nelayan di tepian sungai. Pada suatu waktu, ketika tengah asyik memancing, Toba berhasil menangkap seekor ikan emas yang memiliki sisik berkilauan dan cantik. Lantaran keindahanya, ikan emas tersebut kemudian dia putuskan untuk dipelihara.

Namun, seiring waktu sebuah misteri yang lebih besar pun terungkap. Ikan emas tiba-tiba berubah menjadi seorang wanita cantik yang mengagumkan. Tanpa ragu, Toba memilih untuk mempersunting wanita ini, dan mereka berjanji untuk merahasiakan asal usul misterius sang istri.

Dalam ikatan pernikahan mereka, mereka diberkahi dengan kelahiran seorang putra yang diberi nama Samosir. Namun, takdir yang tak terduga menghampiri.

Suatu hari, ketika Samosir sedang mengantar makan siang untuk ayahnya di ladang, rasa lapar yang menggoda menguasai dirinya dan membuatnya tidak bisa menahan diri untuk menyantap hidangan tersebut.

Sang ayah yang datang kemudian merasa kecewa karena makanan yang dibawakan sudah tidak ada. Dalam keadaan marah, Toba tanpa sadar mengucapkan bahwa Samosir adalah anak ikan.

Ironisnya, tak lama kemudian, hujan deras yang belum pernah terjadi sebelumnya melanda desa mereka, merendam seluruh kawasan dengan banjir dahsyat.

Banjir ini kemudian membentuk danau yang luas yang sekarang kita kenal sebagai Danau Toba. Di tengah-tengah danau, tampak megah sebuah pulau besar yang diberi nama Pulau Samosir, sebagai kenangan abadi dari kisah legenda yang tak terlupakan.

Tenun Kain Ulos by Dispar Sumatra Utara

Rutinitas menarik di Danau Toba

Sebagai mana sebuah destinasi wisata terbaik, Danau Toba menawarkan beragam fasilitas menarik yang membuat liburan anda kian sempurna. Jangan hanya bersua foto dan sekedar jalan-jalan saja, menikmati fasilitas yang ditawarkan oleh destinasi adalah cara utuh menikmati keindahan liburan Danau Toba.

Salah satu aktivitas yang bisa anda lakukan saat mengunjungi Danau Toba adalah menikmati permainan air sepeti menaiki perahu kayak, banana boat ataupu jet ski di sekitaran bibir danau. Aktifitas tersebut aman dan pandu oleh ahli bagi para pemula, serta menawarkan petualangan menarik dengan beragam rute eksplorasi perjalanan untuk sobat travel.

Baca Juga  NUSA PENINDA DI BALI YANG KEINDAHANYA VIRAL

Menenun Kain Ulos anda sendiri untuk oleh-oleh menjadi rutinitas menarik berikutnya yang bisa anda lakukan. Desa Luban Suhi-suhi adalah tujuan anda melakukan rutinitas tersebut saat berada di Danau Toba. Masyarakat lokal desa telah terbiasa kedatangan turis, sehingga sobat travel akan disambut ramah dan dapat mencoba proses pembuatan kain tenun Ulos secara langsung.

Rutinitas berikutnya yang bisa anda lakukan di Danau Toba adalah menjelajah Desa Tuktuk. Desa yang terletak di Pulau Samosir menawarkan keindahan alam memukau serta kearifan Budayaan Batak. Sobat travel dapat menikmati panorama danau, menjelajahi kehidupan lokal yang autentik, dan mengeksplorasi situs-situs sejarah bercorak Suku Batak di desa.

Trekking dan camping adalah rutinitas berikutnya yang bisa anda lakukan di Danau Toba. Ada banyak bukit maupun gunung eksotis sekitaran Danau Toba memperbolehkan sobat travel beraktifitas trekking serta camping. Sebut saja Gunung Pusuk Buhi, Bukit Holbung serta Bukit Siadtaratas adalah pilihan trekking terbaik sebagai pelengkap rutinitas liburan di Danau Toba.

Besepedah sore dengan meminjam dari penyewaan setempat menjadi rutinitas harus coba saat mengunjungi Danau Toba. Sepanjang jalan view danau menjadi pemandangan cantik membuat gayuhan pedal sepedah sobat travel kian bersemangat.

Semua rutinitas sore hari tersebut kian sempurna manakala dapat ditutup dengan berendam di kolam air panas alami, Kolam Pangururan Aek Rangat Hot Spring. Spot kolam air panas alami di bawah kaki Gunung Pusuk Bauhi merupakan spot air panas yang dapat dinikmati semua kalangan.

Keindahan itu semua dapat anda nikmati manakala anda berkunjung ke Danau Toba. Kawasan Spesial dan menjadi salah satu keajaiban alam asal Indonesia. Jangan berhenti di satu tempat, nikmati sebisa mungkin semuanya, karena dari sanalah anda akan benar-benar bersyukur atas karunia Sang Kuasa memunculkan Danau Toba untuk anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here