Google search engine
HomeDestinasiDESTINASI WISATA KOTA TUA TERBAIK DI INDONESIA

DESTINASI WISATA KOTA TUA TERBAIK DI INDONESIA

Lantaran trend media sosial destinasi kota tua saat ini menjadi salah satu tujuan wisata popular. Kegiatan selfie berbackground bangunan kota tua dianggap instalgramable untuk jadikan konten media sosial.

Meskipun trend media sosial pada dasarnya memang berubah-ubah. Tetapi trend menyinggahi kota tua masih salah satu yang populer di beranda medsos.

Selain anda hunting foto instalgramable, mengunjungi situs kota tua dapat memberikan kesempatan lebih mengenal sejarah.

Sebagaimana negara dengan cerita sejarah yang panjang, Indonesia memiliki banyak spot kota tua bersejarah yang telah berdiri sejak zaman kolonial. Destinasi Kota tua tersebut masih eksis tersebar di seluruh Indonesia.

Anda penasaran kira-kira dimana saja anda bisa menemukan destinasi kota tua bersejarah terbaik di Indonesia? Berikut destinasi kota tua terbaik di Indonesia yang tidak hanya bersejarah, tapi juga fotogenik untuk spot bersua foto.

Suasana Museum Fatahilah Jakarta by Visual Karsa
  1. Kota Tua Jakarta

Tidak ada yang meragukan Jakarta sebagai pusat dari beragam bagunan kota tua bersejarah di Indonesia. Pasalnya sejak zaman dahulu kota merupakan pusat administrasi bagi pemerintah Hindia Belanda di Indonesia.

Kota tua bersejarah tersebut terdiri berupa kantor administrasi, pelabuhan pusat perdagangan internasioal di masanya, sampai fasilitas publik banyak berdiri di kota yang dahulu bernama Kota Batavia.

Bangunan kota tua bersejarah tersebut adalah kawasan Museum Fatahilah, Museum Bank Indoensia, Toko Merah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Jembatan Kota Intan, Kawasan Kali Besar, Museum Bahari, Kantor Pos Indonesia, Café Batavia dan Museum Wayang Indonesia.

Gedung Sate Bandung by Arfan Husni Hasibuan
  1. Kota Tua Bandung

Sedikit bergeser, kita akan berjumpa dengan Kota Bandung beserta koleksi spot destinasi kota tua yang tidak kalah menarik. Sebagaimana salah satu kota strategis bagi pemerintah kolonial, gedung-gedung besar bergaya eropa banyak didirikan di Kota Bandung.

Baca Juga  UNESCO Tetapkan 4 Global Geopark Baru Indonesia

Destinasi kota tua tersebut ialah kawasan Gedung Sate, Museum Asia-Afrika, Meseum Kantor Pos, Gedung Merdeka, alun-alun kota bandung, Jalan Braga dan Kawasan China Town serta masih banyak spot lain.

Tugu Titik Nol Jogjakarta by Pexel Al Fariz
  1. Kota Tua Jogjakarta

Jogjakarta ialah kota tua itu sendiri! Betapa tidak, tujuan destinasi wisata yang terkenal dari kota kebanyakan merupakan spot yang menampilkan keindahan bangunan berdesign kota tua.

Sebut saja seperti halnya kawasan Jalan Malioboro, Titik Nol Jogjakarta, Tugu Jogjakarta, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Benteng Vredeburg, Taman Sari, Rumah Pesik serta masih banyak destinasi eksotis lain.

Keraton Kasunanan Surakarta by Dinasa Pariwisata Solo
  1. Kota Solo

Kota Solo menjadi salah satu dari sekian daerah yang memiliki kerajaan sebagai simbol kota. Lantaran hal itu, baik tradisi maupun bangunan-bangunan penting di masa lalu masih terawat dengan baik sebagai bagian dari cagar budaya kota.

Destinasi spot kota tua di Kota Solo yang masih berdiri itu adalah Keraton Surakarta Hadiningrat, Kampung Batik Kauman, Gedung DHC 45, Benteng Vastenburg, Pura Mangkunegaran Langgar Merdeka, Pabrik Gula De Tjolomadoe, Pasar Gede dan masih banyak lagi yang lain.

Jalan Bubutan, Surabaya by Hobi Industri
  1. Kota Tua Surabaya

Tidak ada salahnya menikmati keindahan gedung-gedung kota tua di Kota Surabaya disela hiruk-pikuk rutinitas. Sebagaiaman kota strategis yang memiliki sejarah panjang, kota pahlawan memilik destinasi kota tua dengan banyak bangunan klasik.

Spot wisata kota tua di Kota Surabaya tersebut adalah kawasan Gedung Cerutu, Hotel Arcadia, Gedung De Javasche Bank, sampai Jembatan Merah. Destinasi tersebut siap mewarnai liburan anda di kota pahlawan.

Lawang Sewu, Semarang by Denissa Devy
  1. Kota Tua Semarang

Destinasi kota tua di Kota Semarang adalah salah satu yang menarik untuk dikunjungi. Beragam spot eksotis akan menawarkan anda pengalaman lebih jauh mengenal sejarah perjalanan kota.

Baca Juga  REKOMENDASI WISATA TERBAIK INDONESIA YANG HARUS ANDA KUNJUNGI SEKALI SEUMUR HIDUP

Kawasan kota tua tersebut ialah kawasan Komplek Kota Lama Semarang, Gedung Marba, Semarang Art Gallery, Gedung Oudetrap, Gedung Lawang Sewu, Gedung De Spiegel, Gedung Asuransi Jiwasraya dan masih banyak yang lain.

Gedung Bank Mandir, Medan by Iqbal Pohon
  1. Kota Tua Medan

Kita tidak bisa melewatkan keindahan spot destinasi kota tua saat berkunjung ke Kota Medan, Sumatra Barat. Kota merupakan gudang bagi sejumlah bangunan bersejarah yang erat dengan pendudukan pemerintah kolonial di Pulau Sumatra.

Berikut situs kota tua yang tidak bisa dilewatkan saat anda berkunjung ke Kota Medan adalah Gedung Balai Kota Lama, Warenhuis, Gedung London Sumatra, Gedung Pos Medan, Gedung Bank Indonesia, Istana Maemun, Tjong A Fie Mansion dan masih banyak lagi yang lain.

Vihara Tri Dharma Sui Kheu Thai Pak Kung by Adrian Hartanto
  1. Kota Tua Singkawang

Dari sekian banyak situs kota tua yang ada di Kalimantan, Kota Singkawang adalah satu yang terbaik untuk anda kunjungi. Kota berjuluk kota toleransi memiliki banyak bangunan tua yang dipengaruhi oleh Budaya Melayu, Tionghoa dan Eropa.

Situs kota tua seperti halnya Pasar Hongkong, Rumah Keluarga Tjhia, Rusen Kopitiam, Masjid Raya Singkawang, Gereja Santo Fransiskus Asisi, Bioskop Metropole dan masih banyak situs kota tua lain.

Suasana Kota Tua Ampena, Mataram by Wonderfull Indonesia
  1. Kota Tua Mataram

Kota Mataram adalah salah satu kota di timur Indonesia yang memiliki cerita sejarah panjang dengan kolonialisme. Selain menjadi pos strategis perdagangan rempah di kawasan timur bagi bangsa barat dimasa lalu, kota juga menjadi pusat administrasi bagi pemerintah kolonial.

Sisa-sisa perjalanan sejarah kota tersebut terekam dalam situs Kota Tua Ampena yang tidak hanya bersejarah, tapi juga menarik dikunjungi sebagai spot bersua foto.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments