Desain Rumah Industrial Low Budget Menghadirkan Gaya Unik dan Ekonomis

0
50
Rumah Industrial by Aaron Huber

Tren desain rumah industrial dengan anggaran terbatas semakin meroket sebagai pilihan menarik dalam dunia desain interior. Desain ini memukau banyak orang dengan kesan unik dan maskulin yang mencolok.

Dibalik kesederhanaannya, desain rumah industrial menarik perhatian karena fokus pada kenyamanan dan fungsionalitas yang tak terbantahkan. Untuk menginspirasi Anda yang ingin mencoba konsep ini, berikut adalah beberapa ide desain rumah industrial low budget yang layak dicontoh:

1. Desain Rumah Industrial dengan Material Batako

Salah satu ciri khas dari rumah bergaya industrial adalah penggunaan material yang terekspos, seperti dinding dari batako yang dibiarkan tanpa lapisan cat atau plesteran. Material ini memberikan kesan simpel yang kuat dan cocok dengan furnitur yang ringkas. Keuntungan lainnya termasuk penghematan material dan waktu pemasangan. Bahan-bahan dalam pembuatan batako juga cenderung tahan air, mengurangi risiko rembesan air hujan. Harga materialnya pun terjangkau, menjadikannya pilihan ekonomis yang dapat disesuaikan dengan anggaran Anda.

2. Material Batu Bata Ekspos untuk Rumah Industrial 1 Lantai

Selain batako, batu bata ekspos adalah alternatif menarik untuk mengubah tampilan rumah secara dramatis. Kunci dalam merancang jenis dinding ini adalah susunan bata yang rapi tanpa plesteran, serta mempertahankan warna asli bata. Pemilihan bata yang tepat sangat penting, dan beberapa jenis bata ekspos yang direkomendasikan oleh pakar bangunan dan arsitek termasuk bata terakota, bata tanah liat belang, batu bata pasir kapur, dan bata ekspos KWD. Selain memberikan tampilan artistik, bata tipe ekspos juga memiliki kemampuan meredam suara dan tahan api.

3. Lantai Semen untuk Bujet Minimalis

Penggunaan lantai semen ekspos adalah elemen penting dalam menciptakan desain rumah industrial yang hemat biaya. Lantai ini menampilkan tampilan praktis dan sederhana, menghindari lantai bermotif yang biasa. Pastikan untuk melapisi finishing semen ekspos dengan cairan khusus atau coating untuk menjaga ketahanan dan memudahkan perawatan. Aplikasi finishing semen ekspos juga lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli keramik atau parket.

Baca Juga  Tren Desain Rumah Tahun 2023: Menggabungkan Fungsionalitas Dan Estetika

4. Susunan Kabel dan Pipa Terbuka

Berbeda dari desain rumah konvensional yang cenderung menyembunyikan kabel dan pipa, desain industrial menampilkan susunan kabel dan pipa yang terbuka sebagai elemen dekoratif. Ini bisa menjadi alternatif ekonomis dengan menggunakan penutup kabel PVC dan cat dengan warna dinding yang serupa, mengurangi biaya pembobokan dinding untuk menyembunyikan kabel.

5. Konsep Industrial Lewat Furnitur Besi dan Logam

Konsep ini menggambarkan sejarah gaya industrial yang terinspirasi dari gudang-gudang lama, dihiasi dengan rangkaian besi, logam, dan perabotan vintage. Rak besi hollow dan rak pipa besi bisa menjadi pilihan ekonomis yang memadukan fungsi dan estetika. Material dasar logam akan memberikan kesan tegas namun tetap hangat. Pilihan material ini cocok diterapkan dalam dekorasi rumah seperti di InfiniHauz Banjar Wijaya.

6. Desain Interior Maskulin dengan Warna Hitam

Untuk mereka yang tidak ingin melakukan modifikasi besar-besaran pada rumah, Anda dapat menciptakan sentuhan rumah industrial yang ramah kantong dengan bermain warna. Warna utama yang mencerminkan gaya industrial adalah hitam, putih, abu-abu, dan cokelat (kayu). Anda bisa mengecat ruangan dengan warna putih, lalu menonjolkan beberapa bagian dengan warna hitam. Penggunaan material kayu dapat menciptakan keseimbangan yang sempurna.

7. Maksimalkan dengan Dekorasi Industrial

Desain rumah industrial low budget juga bisa dicapai dengan memaksimalkan dekorasi ber tema industrial. Ganti perabotan seperti kursi dan meja dengan gaya serupa yang akan memberikan sentuhan khas rumah bergaya industrial. Saat ini, banyak furnitur bergaya industrial seperti meja nakas yang terbuat dari barel kayu, kursi besi, dan berbagai pilihan lainnya.

Jadi, dengan ide-ide desain rumah industrial low budget yang menarik ini, Anda dapat menciptakan rumah dengan karakter unik dan fungsional tanpa harus menguras kantong. Selamat mencoba mengadopsi konsep ini dan berdekorsi sesuai dengan selera Anda!

Baca Juga  Tren Desain Rumah Tahun 2023: Menggabungkan Fungsionalitas Dan Estetika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here